Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan

JADWAL UJIAN

  1. Ujian Tulis

Selasa, 31 Mei 2011 :

  • Tes Potensi Akademik
  • Tes Bidang Studi Dasar

Rabu, 1 Juni 2011 :

  • Tes Bidang Studi IPA
  • Tes Bidang Studi IPS
  • Ujian Keterampilan

2. Ujian Keterampilan dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Juni 2011

PEMBOBOTAN HASIL UJIAN

1. Program Studi yang tidak mengadakan Ujian Keterampilan, proporsi bobotnya adalah sebagai berikut:

  • Tes Potensi Akademik (TPA) : 30%
  • Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP) : 70%

2. Program Studi yang mengadakan Ujian Keterampilan, proporsi bobotnya adalah sebagai berikut:
Program Studi Keolahragaan :

  • Ujian Tulis : 50%
  • Ujian Keterampilan : 50%

Program Studi Kesenian:

  • Ujian Tulis : 40%
  • Ujian Keterampilan : 60% (50% untuk penilaian ‘keterampilan’. 50% untuk penilaian Wawasan Seni)


PENILAIAN HASIL UJIAN TERTULIS

Penilaian hasil ujian menggunakan ketentuan sebagai berikut :

  • Jawaban BENAR : + 4
  • Jawaban SALAH : – 1
  • Tidak Menjawab : 0

Setiap mata ujian akan dinilai berdasarkan peringkat dengan skala nol sampai seratus sebelum nilai tersebut dijumlahkan dengan nilai mata ujian lainnya. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.


KELOMPOK UJIAN TERTULIS

Peserta SNMPTN terbagi menjadi 3 Kelompok :

  1. Kelompok Ujian IPA
  2. Kelompok Ujian IPS
  3. Kelompok Ujian IPC

Setiap peserta dapat mengikuti kelompok Ujian IPA, IPS atau IPC tidak harus sesuai dengan jurusan SMA/MA/SMK/MAK yang bersangkutan.


KELOMPOK PROGRAM STUDI DAN JUMLAH PILIHAN

  1. Program Studi yang ada di Perguruan Tinggi Negeri dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi kelompok IPA dan IPS;
  2. Setiap peserta ujian kelompok IPA/IPS dapat memilih maksimal dua program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti;
  3. Setiap peserta ujian kelompok IPC dapat memilih maksimal tiga program studi dengan catatan minimal satu program studi kelompok IPA dan satu program studi kelompok IPS;
  4. Urutan pilihan Program Studi merupakan prioritas pilihan;
  5. Peserta ujian yang memilih satu program studi boleh memilih program studi dari PTN di wilayah mana saja (lintas wilayah);
  6. Peserta ujian yang memilih dua program studi atau lebih, salah satu program studi tersebut harus merupakan program studi dari PTN yang berada satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan yang lain dapat merupakan program studi dari PTN di luar wilayahnya (lintas wilayah);
  7. Daftar program studi, daya tampung tahun 2011 dan jumlah peminat tahun 2010 akan dicantumkan dalam Buku Panduan Peserta yang dapat dilihat di http://www.snmptn.ac.id.

BIAYA UJIAN

  • Rp150.000,00 ( Seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta untuk kelompok IPA atau Kelompok IPS.
  • Rp175.000,00 (Seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per peserta untuk kelompok IPC ( IPA + IPS).
  • Rp150.000,- (Seratus lima puluh ribu rupiah) per peserta per ujian keterampilan dan dibayarkan pada saat peserta mengikuti ujian keterampilan di PTN penyelenggara.Biaya tersebut disetor ke Bank Mandiri.

Biaya yang sudah disetor tersebut tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun

MEKANISME UJIAN KETERAMPILAN

Bagi calon peserta pemilih program studi yang mengharuskan Ujian Keterampilan, yang bersangkutan (ybs) harus membayar biaya Ujian Keterampilan di Bank Mandiri sebesar Rp 150.000,00. Jika calon peserta harus mengikuti Ujian Keterampilan lebih dari satu, maka harus membayar biaya pendaftaran sejumlah Ujian Keterampilan yang diikuti. Misalnya, calon peserta berminat memilih Program Studi FSRD ITB dan Program Studi Pendidikan Olahraga UPI, maka ybs harus membayar sejumlah Rp 300.000,00 di luar biaya Ujian Tertulis. Calon peserta yang sudah membayar akan memperoleh Bukti Pembayaran, dan tidak akan memperoleh PIN baru, karena PIN Ujian Keterampilan sama dengan PIN SNMPTN Ujian Tertulis yang telah dibayarkan sebelumnya. Panitia menghimbau agar calon peserta terlebih dahulu memperhatikan apakah program studi yang dipilih mengharuskan Ujian Keterampilan atau tidak. Jika ingin mengetahui informasi tersebut silahkan membuka laman www.snmptn.ac.id, pada menu “Daftar Prodi.” Saat pelaksanaan Ujian keterampilan, peserta harus membawa kartu peserta ujian.

Calon peserta yang harus melakukan Ujian Keterampilan diperbolehkan untuk memilih lokasi Ujian di lokasi terdekat dari tempat tinggal, meskipun PTN yang dipilih berada di luar Kota Bandung. Panitia Lokal Bandung menyediakan lokasi ujian keterampilan di dua PTN, yaitu di ITB dan UPI. Pelaksanaan Ujian Keterampilan di ITB hanya menyediakan ujian Seni Rupa saja. Jika ada calon peserta yang harus melakukan Ujian Keterampilan selain Seni Rupa, silahkan melakukan Ujian Keterampilan di UPI.

Mekanisme Pelaksanaan Ujian Keterampilan di ITB

Bagi peminat Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB di SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis, ujian keterampilan Seni Rupa akan dilaksanakan pada jadwal berikut :

  • Jumat, 3 Juni 2011, pukul 14.00 – 16.30 WIB, di Gd. Oktagon dan Gd. TVST, Kampus ITB, Jl. Ganesa no. 10 Bandung;
  • Sabtu, 4 Juni 2011, pukul 08.00 – 10.30 WIB, di Gd. Oktagon dan Gd. TVST, Kampus ITB, Jl. Ganesa no. 10 Bandung.

Calon peserta ujian keterampilan Seni Rupa SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis dapat memilih salah satu hari pelaksanaan di atas.

Ketentuan yang berlaku untuk pelaksanaan ujian keterampilan Seni Rupa SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis adalah sebagai berikut :

  • Calon peserta telah melunasi biaya pelaksanaan ujian keterampilan Seni Rupa SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis di Bank Mandiri, sebesar Rp. 150.000,-
  • Calon peserta telah hadir di lokasi pelaksanaan ujian keterampilan Seni Rupa SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis, paling lambat 30 menit sebelum pelaksanaan ujian keterampilan Seni Rupa tersebut di mulai.

Membawa seluruh dokumen pendaftaran SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis, berupa :

  • Kartu Bukti Pendaftaran SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis
  • Kartu Identitas (Nomor Induk Siswa Nasional/KTP/SIM/Kartu Keluarga) yang digunakan pada pendaftaran peserta SNMPTN 2011 – Jalur Ujian Tulis
  • Ijazah / Surat Tanda Lulus SLTA asli

Membawa alat tulis sebagai berikut :

  • Pensil B, 2B, 3B, rautan pensil, dan penghapus pensil
  • Tidak diperkenankan membawa penggaris
  • Tidak diperkenankan membawa alas gambar
  • Memakai seragam sekolah baju putih dan rok/celana abu-abu, bagi peserta lulusan tahun sebelumnya memakai baju putih dan rok/celana warna gelap serta bersepatu tertutup.


Mekanisme Pelaksanaan Ujian Keterampilan di UPI

Peserta SNMPTN jalur ujian tulis/keterampilan yang memilih program studi pendidikan seni (Pendidikan Seni Tari, Seni Musik, dan Seni Rupa) FPBS serta semua program studi di FPOK diwajibkan mengikuti Ujian Keterampilan.

Ujian Keterampilan pada Program Studi Pendidikan Seni Tari, Seni Musik, dan Seni Rupa pada Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni akan dilaksanakan pada jadwal berikut:

  • Jumat dan Sabtu, 3 dan 4 Juni 2011, pukul 07.00 s.d. 17.00, di Gedung FPBS Kampus UPI, Jl Dr. Setiabudi 229 Bandung.
  • Semua peserta diwajibkan terlebih dahulu registrasi pada hari pertama dengan membawa Tanda Peserta SNMPTN 2011

Pendidikan Seni Tari

Peserta yang akan mengikuti ujian keterampilan pada program studi Pendidikan Seni Tari diwajibkan membawa: kaset/CD musik iringan tari untuk kelengkapan penampilan tarian masing-masing peserta, sampur/selendang, dan pakaian olah raga (training dan kaos).

Pendidikan Seni Musik

Instrumen yang tersedia bagi peserta yang akan mengikuti tes keterampilan pada program studi Pendidikan Seni Musik adalah: drum set, gitar (akustik dan elektrik), kacapi, kendang, gamelan, bass elektrik dan kontra bass, dan piano.

Bagi peserta ujian keterampilan seni musik yang membutuhkan instrument selain yang tersedia di atas dipersilahkan membawa sendiri.

Pendidikan Seni Rupa

Peserta yang akan mengikuti tes keterampilan pada program studi Pendidikan Seni Rupa diwajibkan membawa: pensil hitam dengan tingkat kekerasan dari HB, B, 2B, 3B, 4B, 5B, hingga 6B; peruncing pensil; penghapus pensil; dan papan alas menggambar ukuran 50 x 60 cm.

Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Olahraga pada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), Pendidikan Guru Sekolah dasar Pendidikan Jasmani (PGSD Penjas), serta Ilmu Keolahragaan (IKOR) pada Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan akan dilaksanakan pada jadwal berikut:

Jumat dan Sabtu, 3 dan 4 Juni 2011, pukul 07.00 s.d. 17.00, di Gedung FPBS Kampus UPI, Jl Dr. Setiabudi 229 Bandung. Semua peserta diwajibkan terlebih dahulu registrasi pada hari pertama dengan membawa Tanda Peserta SNMPTN 2011

Peserta yang akan mengikuti ujian keterampilan bidang ilmu olahraga diwajibkan membawa:

  • Pakaian olahraga lengkap (Kaos olahraga, sepatu olahraga, dll.);
  • Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter;
  • Hasil Rontgen Thorax.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>